Terjadi peristiwa aneh dan nyata yang belum saya temui sebelumnya, yaitu banjir berbentuk lumpur yang melanda beberapa kota dan desa di sekitar saya. Namanya banjir lahar dingin yang berbentuk lumpur dan mengalir seperti sungai melewati jalan-jalan, sawah, rumah dan sekitarnya yang dilaluinya.

Ketika itu saya masih duduk di kelas dua Tsanawiyah. Mendadak ada jam pulang sekolah sebelum waktunya. melewati pasar keadaan langit cukup mendung dengan diselimuti kilatan menyala. setelah di depan rumah terdengar suara orang-orang yang tak karuan tentang adanya banjir lumpur, banjir lumpur ………. Mobil-mobil dan angkot mendadak lewat depan rumah.

Sekitar setelah ashar, saya ingin keluar melihat seperti apa banjir lumpur tersebut ke arah utara. Langit sangat mendung dengan kilatan petir seperti lamput menyala-nyala berurutan. Setelah sampai di perempatan sebelah candi singosari, jalan sudah di bendung dengan karung berisi, sehingga arah luapan banjir mengalir ke timur di jalan kertanegara.

Sempat cerita kakak laki-laki saya, bahwa dalam perjalanan pulang ia selamat di tengah jalan. Dengan pandangan sawah yang biasanya ia lewati menjadi kecoklatan rata, tingginya sekitar lutut orang dewasa. Ia menaiki sepeda gunung secara perlahan-lahan sampai akhirnya di rumah. Menurut berita banjir tersebut diakibatkan hujan deras di suatu bukit yang curah hujan tinggi tanpa memiliki tanaman sebagai pencegah kelongsoran tanah. Sehingga tanah bercampur air hujan langsung turun ke bawah.

Terjadinya banjir lumpur ini disebabkan oleh beberapa hal :

  1. Salah satu hal yang paling umum menyebabkan banjir lumpur ini adalah terjadinya hujan deras yang mengguyur daerah- daerah yang berlumpur atau daerah yang berpotensi mengeluarkan lumpur. Beberapa wilayah yang berpotensi memunculkan lumpur adalah wilayah pertanian, ataupun perbukitan yang tanahnya mudah sekali becek dan berlumpur ketika hujan turun.
  2. Selain dengan campur tangan hujan, salah satu hal yang menyebabkan terjadinya banjir lumpur adalah munculnya lumpur dari dalam bumi. Lumpur ini keluar dengan sendirinya melalui suatu celah ataupun lubang yang ada di tanah. Sehingga akan terjadi banyak lumpur yang keluar ke permukaan bumi dan memenuhi tanah yang ada di permukaan bumi. Hal ini apabila diteruskan, maksudya apabila lumpur keluar secara terus menerus dan tidak ada upaya penanganan, maka akan dapat menenggelamkan apa saja yang ada di area tersebut. Kasus seperti ini sudah seringkali ditemui dan bukanlah menjadi hal yang mengherankan lagi.

Menurut seseorang ada seorang wanita yang sedang mandi ikut terseret sampai jauh dari rumahnya.

Beberapa faktor yang memicu timbulnya banjir antara lain adalah:

  1. Meluapnya aliran sungai
  2. Terjadi banjir di muara
  3. Meluapnya air laut atau air laut pasang
  4. Bencana alam
  5. Perilaku manusia atau ulah manusia
  6. Penggundulan hutan
  7. Rusaknya sistem drainase atau peresapan air ke dalam tanah

Maka dari itu proyek Green Peace harus tetap dijalankan walau sendiri-sendiri.

https://onepunchman2017.wordpress.com/

http://gedebokburitan.blogspot.co.id/